Bisnis Online

Sumber dan Cara Mengmbangkan Bisnis Online

online
Bisnis online
Mengembangkan aneka sumber usaha baru dalam dunia bisnis online memang mempunyai kontribusi yang baik untuk memiliki pendapatan sampingan. Mungkin banyak sekali program bisnis online yang ditawarkan kepada, namun belum tentu cocok untuk anda. Anda harus pastikan terlebih dahulu bahwa bisnis online yang anda rintis diawal sudah benar-benar dapat efektif untk anda, anda harus fokus dan konsesten terhadan bisnis yang anda kembangkan secara online sehingga benar-benar menjadi penghasilan bagi anda.

Saya akan memberikan gambaran beberapa jenis program usaha online yang umumnya dijadikan sumber penghasilan oleh para full time netpreneur di Indonesia, baru setelah itu anda harus menentukan usaha mana yang ingin anda jalani terlebih dahulu, dan anda harus berkomitmen untuk benar-benar mengembangkan usaha yang telah anda pilih tersebut.

1. PPC (Pay Per Click) / Contextual Advertising.

PPC/Conextual Advertising merupakan sejenis program periklanan online yang memberikan penghasilan dari pihak ketiga dimana anda sebagai pengolah web/blog saja. Sebelum mengembangkan jenis bisnis ini Anda terlebih dahulu memiliki halaman situs web/blog untuk anda kelola, anda hanya menyedikan place iklan di web/blog anda, sehingga memungkinkan Advertiser memasang iklan dihalaman anda. 

Dalam program ini Advertiser adalah sumber pendapatan anda, anda dibayar dari berapa banyaknya unik klik iklan dari pengunjung yang dipasang oleh Advertiser dari web/blog anda. Untuk memiliki jenis bisnis ini tidak sulit anda hanya perlu situs web/blog berbahasa indonesia untuk memasang PPC lokal, dan untuk PPC internasional Anda haarus mempunyai situs web/blog berbahasa ingris.

2. Toko Online

Jenis bisnis ini mungkin jenis yang paling populer di dunia internet, Apabila anda memiliki produk sendiri yang ingin anda jual secara Online 24 jam sehari 7 hari seminggu melalui internet, maka anda wajib mempertimbangkan jenis usaha yang satu ini. Membuat toko online ini tidak sesulit yang anda fikirkan, anda cukup menginstal plugin bernama WP e-Commerce pada web/blog/wordpress yang anda miliki untuk mensulapnya menjadi sebuah toko online. Banyak sekali keuntungan mengembang usaha jenis ini, diantaranya :
  1. Anda bebas sewa Kios unrtuk memjang jualan anda.
  2. Pemasaran luas dari lokal bahkan manca negara.
  3. Memasarkan jenis jualan yang takterbatas jumlahnya
  4. Potensi penjualan tinggi karena bisa dijangkau oleh lokal, nasional dan manca negara.


3. Affiliate (Program Affiliasi)

Pada jenis program ini anda akan membantu menjualkan produk orang, dan untuk setiap penjualan yang terjadi melalui perantara anda, anda akan mendapatkan komisi. Jadi pada jenis program affiliasi anda hanya fokus dalam hal mempromosikan produk saja!, masalah pengiriman produk ke pembeli, layanan pasca penjualan dan sebagainya itu tanggung jawab sepenuhnya si penjual. Peran anda di sini adalah sebagai seorang makelar yang mempertemukan antara website penjual dan para calon pembeli.

Namun jenis Bisnis ini tak jajrang Anda di minta untuk terlebih dahulu membeli Produk yang dimiliki oeleh si enjual, hal ini bertujuan agar setidaknya kita mengetahui jenis, keunggulan peroduk yang kita pasarkan melalui link Afflisiasi kita. Ketika di internet kemudian ada yang tertarik untuk mengklik dan mengunjungi link affiliasi anda tersebut dan melihat penawaran dari website seller melalui link affiliasi kita lalu terjadi proses pembelian produk, maka anda akan mendapatkan komisi berdasarkan seberapa banyak jumlah proses penjualan yang terjadi.

4. Paid Review

Ini merupakan salah satu jenis usaha online dimana anda akan di bayar untuk mereview suatu website client di blog/website anda, program seperti ini umumnya mensyaratkan website website ber Page Rank tinggi (baiknya minimal ber PR 3) dan menggunakan domain resmi, jadi kita biasanya tidak bisa mendaftarkan blog-blog gratisan (perihal page rank sendiri nanti akan saya jelaskan dalam bahasan khusus). Proses review nya sendiri adalah berupa artikel perihal bahasan kita tentang kelebihan, kekurangan bahkan kritik mengenai jasa layanan client yang biasanya berisi beberapa ratus kata yang kita tulis di blog dengan menyertakan link yangmengarah ke website client, bergantung kesepakatan dan request dari dari client itu sendiri.

Contoh website yang berperan sebagai broker penyedia layanan paid review cakupan internasional yang cukup pupuler diikuti orang indonesia adalah Sponsoredreviews. Kebetulan saya mengenal beberapa netpreneur lokal yang memfokuskan bisnis onlinenya pada program jenis paid review ini, dan terbukti mereka setidaknya mampu menghasilkan hingga ribuan dollar per bulan dari blog-blog yang mereka kelola, inilah alasan mengapa saya mengkategorikan jenis program Paid review sebagai salah satu jenis program utama yang dapat anda andalkan sebagai sumber penghasilan full time online.

5. NetWeb Marketing

Netweb marketing sempat populer di internet dan sampai sekarangpun masih banyak yang menjalankannya. Pengertian netweb marketing sendiri dari apa yang saya tangkap merupakan semacam model pengembangan dari sistem promosi bisnis pemasaran jaringan/Multi Multivel Marketing (MLM) yang di kembangkan secara online.

Jenis bisnis ini kita mencari sebanyak-banyaknya jaringan, semakin bnyak kaki yang kita miliki maka potensi penghasilan kita akan semakin tinggi. Jika anda efektif mengembangkan jenis ini maka penghasilan tidak akan mengecewakan, danbahkan bisa dijadikan sumber penghasilan tetap. Tidak sulit mengembangkan jenis bisnis ini karna mencari jaaaringan secara online jauh lebih mudah dibangdingkan secara ofline.

6. Jual Beli Link dan Website

Salah satu jenis program yang tidak sepopuler program-program lain namun dalam kenyataannya tidak sedikit orang Indonesia yang telah mampu menghasilkan ratusan sampai ribuan dollar setiap bulan dari program seperti ini. Kualitas website yang anda miliki akan sangat berperan terhadap nilai jual link dan nilai jual website anda, seberapa banyak pengunjung setiap harinya, seberapa tinggi page rank nya dan keunikan design website yang anda buat, hingga kemampuan anda dalam tawar menawar harga dengan orang asing, banyak sekali faktor yang menentukan.

Mungkin anda sudah mengenal apa itu Page Rink

Pagerank merupakan suatu kisaran perhitungan yang diberikan oleh google untuk menilai kualitas suatu halaman/page di internet, kisarannya dari 0 sampai 10, semakin tinggi poinnya maka semakin menujukan bahwa kualitas halaman tersebut di anggap semakin baik di mata google.
Memiliki web atau blog yang mempunyai pagerank tinggi akan memberikan suatu keuntungan tersendiri bagi pemilik blog atau website tersebut, dan hal tersebut akan membuka peluang bagi si pemilik website untuk mendulang penghasilan dari beragam program online yang memberikan patokan pagerank sebagai penentu seberapa besar potensi penghasilan yang akan didapat, saya ambil contoh seperti jenis program paid review, jual beli text link, jual beli website atau domain dan sebagainya.

Mungkin anda sudah mempunyai gambaran mengenai Bisnis Online ? 
Jadi tidak sulit untun mempunyai penghasilan tambahan dari bisnis Online, namun anda harus Fokus dan konsesten mengembangkanya.